Pengalaman Lari Bela Negara Run

BELA NEGARA RUN 2017

Logo Bela Negara Run 2017
Suatu hari, saya mencari event lari yang ingin saya ikuti. Saya membuka website lariku.info dan mendapatkan info bahwa ada event lari bernama Bela Negara Run 2017 yang akan digelar di Jakarta pada tanggal 14 Januari 2018. Saya pun tertarik dan segera mencari info seputar event Bela Negara Run.

Saya berkunjung ke website belanegararun.com dan mulai membaca seputar kegiatan ini. Ternyata event bela negara run ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Bela Negara setiap tanggal 19 November. Saya baru tahu ternyata ada Hari Bela Negara. Event ini diselenggarakan oleh Setiaudi and Partners (SAP) bekerja sama dengan Indonesia Muda Road Runners (IMRR), Kementrian Pertahanan RI dan beberapa stakeholders lain.

Pendaftaran event ini bisa dilakukan melalui online melalui website belanegararun.com. Ada 3 kategori perlombaan yaitu 1.5K Kid’s Run, 5K dan 12K. Saya pun mendaftar dan mengambil kategori 12K.  Harga tiketnya sendiri termasuk murah yaitu sebesar Rp 100.000 untuk kategori 5K dan 12K serta Rp 150.000 untuk kategori 1.5K Kid’s Run.

Poster Bela Negara Run 2017
Setelah mendaftar, saya mendapat info untuk pengambilan race pack dapat dilakukan pada hari Rabu dan Kamis pada tanggal 10-11 Januari 2018 di Gedung Jenderal Urip, Kantor Kemenhan RI mulai pukul 11.00 s.d. 17.00 WIB. Wah ternyata tidak bisa mengambil race pack saat H-1. Menurut saya ini cukup menyulitkan bagi peserta yang berada di luar kota karena peserta harus datang lebih cepat ke Jakarta untuk mengambil race pack. Tentu hal ini membuat biaya penginapan semakin membengkak. Selain itu ada hal lain yang menjadi perhatian saya, yaitu pakaian peserta yang mau mengambil race pack harus menggunakan pakaian rapi tidak memakai sandal, kaos dan celana jeans. Biasanya dalam event lari yang saya ikuti, tidak ada ketentuan hal ini. Mungkin karena kita masuk gedung kantor pemerintah, kita diwajibkan berpakaian rapi. Ya sudah saya ikuti saja daripada tidak bisa ambil race pack.

Saya pun mengambil race pack dan berikut suasana pengambilan race pack:

Suasana Pengambilan Race Pack Bela Negara Run

Peserta Mengambil Race Pack

Para panitia yang berjaga di meja pengambilan race pack

Suasana ruangan pengambilan race pack

Saya mendapat race pack berupa goodie bag yang berisi jersey dry fit, BIB/Nomor dada dan voucher potongan harga untuk produk sepatu Precise. Berikut penampakan isi race pack saya:

Isi goodie bag yang saya dapat

Setelah mendapatkan race pack, Saya jadi tidak sabar untuk segera mulai lari pada Hari Minggu besok.

Hari yang ditunggu pun telah datang. Saya tiba di lokasi yang telah ditentukan. Saya mengamati sekitar dan saya melihat ada tempat penitipan barang. Jadi bagi kalian yang membawa barang bisa menitipkannya di penitipan barang.

Panitia menyediakan penitipan barang

Seorang peserta yang sedang menitipkan barang

Karena saya tidak membawa tas, saya pun langsung menuju belakang garis start. Sebelum mulai lari, ada sedikit senam untuk pemanasan sebelum lari. Saya pun mengikuti dan mulai melakukan pemanasan agar tidak cedera saat berlari nanti. Setelah pemanasan, para peserta lari kategori 5K dan 12K pun mulai bersiap di belakang garis start. Lari pun dimulai sekitar pukul 07.00 WIB.

Para peserta bersiap di belakang garis start

Suasana garis start tampak depan

Saya pun mulai berlari bersama peserta lain dengan semangat. Saat lari saya juga melihat ada warga negara asing alias bule yang ikut lari. Ternyata bule juga ingin ikut Bela Negara Run. Waow mantap!.

Untuk track lari tidak steril. Saya jadi kurang nyaman saat berlari. Mungkin karena melintasi kawasan CFD, sehingga banyak warga lain yang melintasi track lari.

Papan penanda jarak Bela Negara Run

Setelah beberapa kilometer saya menemukan water station. Water station penting bagi para peserta lari agar para peserta lari tetap kuat berlari dan tidak dehidrasi. Panitia memberikan Le Minerale dan Prim-a sebagai minuman di water station.

Papan penanda water station Bela Negara Run

Panitia memberikan air kepada peserta lari

Panitia menyiapkan air minum bagi peserta lari

Tak terasa saya menempuh jarak 12 KM dan saya melewati garis finish. Saya mendapatkan medali dan menuju tempat refreshment. Saya mendapatkan pisang dan air mineral. Ternyata tidak semua pelari yang finish berhak mendapatkan medali. Panitia hanya memberikan 1000 medali pertama yang terdiri dari 300 medali pertama untuk peserta lari kategori 5K dan 700 medali untuk peserta lari kategori 12K. Saya pun melihat medali yang saya dapatkan. Menurut saya, bentuk medali bagus dan kokoh.

Bentuk medali Bela Negara Run 2017

Tampak belakang medali Bela Negara Run 2017

Setelah mendapatkan medali dan refreshment, saya pun berjalan dan mengamati ternyata banyak booth yang tersedia di lokasi acara. Ada booth Ovo. Ovo melakukan penawaran spesial untuk penggunanya diantaranya harga spesial buku import di Books and Beyond, bagi anda yang membawa anak kecil saat event ini juga bisa membeli mainan Robocar Poli.

Sales Ovo yang sedang berjaga di booth Ovo

Buku-buku yang bisa anda beli

Seorang anak sedang melihat mainan Robocar Poli

Kemudian saya melihat ada booth infobank. Kalian bisa mendapatkan harga spesial berlanggan koran jika mendaftar disni. Oh iya, ada juga koran gratis yang dibagikan buat Anda yang menulis data diri di booth tersebut

Seorang peserta sedang mengisi data diri di booth Infobank

Bergeser lagi, saya melihat ada booth Milo. Ternyata booth ini memberikan susu Milo secara gratis untuk para peserta. Namun saya tidak kebagian karena saya finish agak lama. Selain itu juga ada games berhadiah bagi anda yang menang dalam Tantangan Juara Milo.

Anda bisa menikmati Milo di booth ini

Seorang anak mengikuti Tantangan Juara Milo

Setelah melihat-lihat booth Milo, saya melihat ada booth spaghetti dari La Fonte. Booth ini memberikan harga spesial pada spaghetti siap saji sebesar Rp10.000,-. Jadi bagi Anda yang masih merasa lapar, bisa langsung beli spaghetti di booth ini.

Seorang peserta sedang menikmati La Fonte

Saya pun berkeliling lagi dan melihat banyak booth seperti dari Prim-a, Chesa dan Precise.

Anda bisa membeli minuman di booth Prim-a

Seorang peserta sedang membeli makanan di booth Chesa

Banyak sepatu menarik yang ditawarkan Precise

Saat berkeliling, ternyata banyak komunitas lari juga yang mengikuti event ini yaitu Indo Runner Bogor. Mereka pun berfoto bersama setelah mencapai garis finish.

Komunitas Indo Runner Bogor yang sedang berfoto

Setelah berkeliling dan melihat booth saya pun menuju panggung utama. Kita dihibur dengan penampilan Temon yang kocak dan band yang membuat para peserta kembali bersemangat.

Penampilan Temon yang mennghibur

Panitia juga mengadakan doorprize yang berhadiah sepeda dan produk elektronik agar peserta semakin semangat mengikuti event ini.
Hadiah sepeda yang akan dibagikan kepada peserta

Setelah melihat penampilan Temon, saya pun pulang. Tidak lupa saya foto sebentar di depan garis start dan finish.

Selfie bersama pisang di Bela Negara Run 2017

Saya senang dan ingin berlari di event-event race selanjutnya yang diselenggarakan oleh IMRR. Bagi teman-teman yang ingin mendapat informasi update seputar race-race menarik lainnya yang diselenggarakan oleh IMRR, teman-teman bisa mengunjungi tautan www.imroadrunner.com atau akun sosial media IMRR lainnya.

Berikut hasil endomondo saya mengikuti event ini:

Track lari Bela Negara Run

Hasil Endomondo Bela Negara Run

Berikut penilaian saya:

Positif

Bentuk medali bagus
Tersedia penitipan barang
Harga tiket yang murah
Doorprize
Banyak booth dari para sponsor


Negatif

Pengambilan race pack tidak bisa dilakukan H-1
Jersey kurang menarik
Jalur lari kurang steril sehingga tidak nyaman saat berlari
Tidak adanya minuman isotonik
Medali hanya untuk 1000 finisher pertama

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pengalaman Lari Bela Negara Run"