Pengalaman Mengikuti Seleksi ODP PT Bina Artha Ventura

Logo PT Bina Artha

Pada suatu hari, saya mencari info jobfair di kota semarang dalam waktu dekat. Saya mendapat info bahwa jobfair akan diadakan tanggal 20-21 Oktober 2017. Saya pun datang pada tanggal 21 Oktober 2017. Saat berada di lokasi jobfair, saya mencari perusahaan yang ingin saya lamar. Saya melihat stand dari perusahaan PT Bina Artha Ventura (BAV). Saat itu BAV sedang membuka lowongan Officer Development Program (ODP). Saya lihat persyaratan untuk melamar ODP di BAV tergolong tidak berat. Saya pun mendaftar dan memasukkan CV serta lamaran saya kepada karyawan BAV yang menjaga stand perusahaan ini.

Setelah beberapa hari kemudian, saya mendapat sms yang berisi bahwa saya bisa mengikuti proses seleksi ODP yang akan diadakan pada akhir Bulan Oktober. Saat hari H, Saya pun datang ke lokasi tes. Saya mengamati banyak peserta wanita yang mengikuti seleksi ini. Dua karyawan rekrutmen BAV memberikan formulir riwayat hidup yang harus diisi kepada para peserta seleksi. Setelah mengisi formulir riwayat hidup, Karyawan rekrutmen BAV memberikan penjelasan mengenai profil perusahaan, jenjang karir, gaji saat training dan sesudah training, dan tahapan seleksi yang akan dihadapi peserta pada hari itu juga. Karyawan rektrutmen BAV memberitahu bahwa ijazah karyawan akan ditahan oleh perusahaan. 

Sedikit info mengenai perusahaan BAV yaitu BAV adalah sebuah Perusahaan Modal Ventura yang aktif bergerak pada sektor keuangan mikro di Indonesia sejak Desember 2011. BAV menawarkan modal kerja melalui versi modifikasi dan metodologi keuangan mikro kelompok Grameen tradisional secara ekslusif untuk wanita yang tidak memiliki atau hanya memiliki akses parsial untuk sektor keuangan formal. Selain itu BAV menyediakan akses ke pinjaman usaha untuk usaha kecil.

Berikut tahapan seleksinya:
1. Psikotes
Psikotes yang diberikan seperti psikotes di perusahaan lain. Pada tahap ini yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan adalah kita harus kuat dalam bidang matematika.

2. FGD
Setelah selesai psikotes, karyawan rekrutmen BAV mengumumkan nama-nama yang lolos piskotes yang dapat mengikuti tahapan selanjutnya yaitu FGD. Saat itu hanya ada 3 kelompok yang ikut untuk FGD. Soal FGD yang saya ikuti berkaitan dengan masalah sosial bukan mengenai pekerjaan.

3. Excell Test
Setelah selesai FGD, karyawan rekrutmen BAV mengumumkan peserta yang lolos FGD untuk kemudian mengikuti Excell Test. Para peserta diberikan soal-soal oleh karyawan rekrutmen BAV dalam batas waktu tertentu. Saya gagal saat FGD.

4. Interview
Setelah mengikuti Excell Test, karyawan rekrutmen BAV akan mengirimkan sms bagi peserta yang lolos untuk mengikuti interview dengan mereka. Tahapan interview ini dilakukan keesokan harinya di lokasi psikotes, FGD, dan Excell Test.

Apabila calon karyawan telah selesai mengikuti semua tahapan tes di atas, calon karyawan masih akan mengikuti tes dan penilaian apakah cocok menjadi karyawan BAV saat training. Apabila calon karyawan lolos saat training, maka ia bisa menjadi karyawan BAV.

NB : Proses serta tahapan seleksi bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari PT Bina Artha Ventura.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Mengikuti Seleksi ODP PT Bina Artha Ventura"

Posting Komentar